John Bellamy Foster




       John Bellamy Foster. 

  Beliau adalah salah satu tokoh sosiologi era sekarang ini yang masih hidup, dilahirkan pada 15 Agustus 1953 yang sekarang berusia 63 tahun.
Dia adalah profesor dari Universitas Oregon dan menjadi Editor di  salah satu majalah New York, Monthly Review. 
Fokus teori sosiogi dari bapak ini adalah berbicara tentang Politik Ekonomi Kapitalisme, Krisis Ekonomi, Krisis Ekologi dan Fokus pada masalah Lingkungan. Foster adalah salah satu penganut Marxis. 
Dia dapat dikatakan sebagai salah satu pencetus aliran teori Ekologi Marxisme tentang dampak kapitalisme terhadap masalah lingkungan. 
Fokusnya pada masalah lingkungan khususnya perkotaan berangkat dari Pemikiran Marx tentang Industri dan Kapitalisme. Ia menganggap salah satu penyumbang terbesar kerusakan lingkungan adalah industrialisasi dari kapitalisme. Baginya, Kapitalisme berkelanjutan yang memikirkan dampak lingkungan adalah bullshit belaka! Karena nyatanya kapitalisme yang merajalela itu tetap saja memperparah masalah lingkungan. Industri pabrik penyumbang polusi udara akibat asap, limbah yang dibuang ke perairan, dan dampak buruk lainnya yang menjadi penyumbang terbesar terhadap kerusakan lingkungan. Intinya Foster beranggapan bahwa ekonomi kapitalis sebagai inti kehidupan perkotaan merupakan salah satu dampak negatif bagi lingkungan, dan jika ada isu yang menyatakan tentang ekonomi berkelanjutan dari industri terhadap lingkungan, harus selalu dipertanyakan lagi. -(Tiba-tiba aku dapat ilham dari langit buat membagi sedikit ilmu pengetahuan sosiologi, dan dapat teguran mendalam tentang "Aku sebagai mahasiswa sosiologi"- intinya semoga bermanfaat. Lain kali kalau habis belajar hal lainnya tentang teori dan pengetahuan sosiologi, Insya Allah di share lagi. Dan kalo ada yang salah, menerima komen untuk perbaikan. Terimakasih 🙏)- #belajarsosiologi #pengetahuansosial
#sekedarberbagi ilmu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

William Graham Sumner : Dosen Sosiologi Pertama Di Dunia

Sosialisme: Marx vs Durkheim